KALENDER S2W

M S S R K J S
24 25 26 27 28 29 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
 
ATRIBUT S2W

 

KONSULTASI

MODIFIKASI

PERFORMANCE

TROUBLESHOOTING

AKSESORIS

SUKU CADANG

REVIEW

 
RAMBU-RAMBU
 
MOTOR S2W
 
DOWNLOAD
 
SPARE PART
 
SPONSOR
 

 
 
MAILING LIST

SUZUKI-2WHEELS

 

S2W ON TV

Motomania ANTV

Tour D'Lampung ANTV

SOTR TRANS 7

 

SITE LINK

MOTOR PLUS

OTOMOTIF

OTOTREND

AUTOCLUB

SAFT7

OTOMOTIX

OTOGENIK

 

BROTHER LINK

 

WEB STATISTIK S2W

 
 
ARTIKEL S2W

Tips Suzuki Satria 120R Pengapian DC Jadi AC
Article Date:
Source: Motor Plus Online

Suzi Satria mengusung pengapian arus DC (Direct Curent), punya kelebihan suplai arus setrum ke CDI DC lebih stabil. Otomatis tenaga mesin di putaran bawah sampai atas enak digasing. Repotnya jika aki tekor karena nggak dirawat atau sistem pengisian bermasalah. Setrum aki kurang, motor pun gampang mbrebet dan CDI rawan jebol.

Photobucket - Video and Image Hosting

Terbalik dengan pengapian arus AC (Alternating Curent). Arus listrik dari sepul ke kiprok dan menuju CDI AC tergantung putaran mesin. Sehingga pemilik motor tak khawatir mogok di jalan. Nah, jika ingin pengapian diubah dari DC ke AC, Sulkhan mekanik SRT Racing di Jl. Tanah Baru, No. 57, Depok, sukses bikin paket murahnya.

“Cukup gulung ulang kawat email di dua angker pada rumah sepul asli. Geser maju posisi sensor pulser yang terpasang di magnet, juga beli CDI AC RX-King seharga Rp 70 ribuan. Dan asyiknya, gulungan sepul pengisian masih mampu menyuplai arus listrik ke aki. Apalagi sekadar memutar dinamo double starter,” urai bapak lima anak ini.

Photobucket - Video and Image Hosting

Kemudian untuk menggulung ulang kawat email buat sepul pengapian di rumah sepul. Setelah diriset, Sulkhan memilih dua lilitan kawat paling sedikit yang ada di angker paling bawah. Jika posisi pulser ada di atas (gbr. 1). Dan soal banyaknya lilitan kawat, itu tergantung kebutuhan. Tapi yang pasti, proses sama dan pastikan lilitan harus kuat saat dipakai.

Photobucket - Video and Image Hosting

Proses selanjutnya memajukan posisi sensor pulser ˝ cm ke depan (gbr. 2). Tentunya dengan bantuan tukang bubut. Ini dilakukan untuk menyesuaikan kedudukan sepul pengapian baru terhadap posisi pulser asli. “Supaya motor mudah dinyalakan dan tidak timbul back fire ketika kick starter ditekan,” ucap Shulkan.

Penggantian pun bisa dilakukan dengan komponen pengapian tanpa pulser macam punya Suzuki Tornado. “Hanya saja jadi lebih mahal, lantaran perlu siapkan dudukan sepul, sepul pengisian dan pengapian serta CDI-nya. Meskipun kedua cara itu bisa dikerjakan juga di New Shogun,” jelas Shulkan yang mengaku timing pengapiannya di cek dengan timing light untuk lebih akurat.

Informasi lebih jelas soal lilitan di sepul silakan kontak langsung pemilik nomor HP 0856-9112-5771 itu.

Reporter : Kris Julianto
Fotografer : < Kontributor >


 LATEST ARTICLE

[Info] - 19 Dec 2014 04:37:15
Aman Enggak Ban Tipe Tube Jadi Tubeless?
[Info] - 19 Dec 2014 04:34:20
Pakai Ban Balap Aman Gak Sih
[Modif] - 19 Dec 2014 04:27:27
Suzuki GT Jogja Dimodif Cafe Racer
[Info] - 19 Dec 2014 04:24:26
Saling Tukar Pelek Palang
[Tips] - 18 Dec 2014 09:43:50
Cek Kondisi Rantai Setelah Turing
[Tips] - 07 Jun 2011 03:29:48
Karat di Motor Kesayangan? Bukan Masalah!
[Tips] - 18 Mar 2011 09:12:50
Atasi Mesin Overheat Dengan Satu Sendok Teh Oli
[Tips] - 16 Feb 2011 03:01:31
Tips dan Trik Membeli Motor Bekas
[Info] - 18 Jan 2011 03:59:34
Karat Bikin Baut Susah Dilepas
[Info] - 18 Jan 2011 03:57:56
Periksa Accu dan Kiprok