Home Sejarah Pengurus Syarat Anggota Berita Artikel Galeri Video Sertifikat Kontak Peta Chat

ARTIKEL S2W

 

Problem Suzuki Satria F-150 , Payah Hidup Karena Air
Article Date:
Source: Motor Plus Online

M. Sayuti alias Uteng pusing delapan keliling karena Suzuki Satria F-150 miliknya payah hidup. Dislah beberapa kali, tetap ogah hidup. Pas dicek kondisi setelan karburator sesuai standar pabrik. Kondisi motor pun sangat terawat. Servis berkala enggak lupa. “Jadi apa donk yang bermasalah? Bingung?,” kesal bocah asal Jl. Pejuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Coba inget sekali lagi. “Kejadian kayak gitu setelah motor dicuci. Main siram aja. Air masuk ke tutup dan lubang busi,” jelas Hasan Basri, pemilik bengkel dari Hasan Motor, Kelapa Dua Raya, Jakarta Barat.

Photobucket - Video and Image Hosting

Air masuk ke tutup dan busi lantaran jarak sasis dan kepala silinder renggang. Air mudah masuk karena celah yang renggang dan posisi mesin vertikal (gbr. 1). Air bisa masuk langsung ke silinder head. “Ini beda sama Suzuki Raider 125. Rapat sama batang (sasis, red) tengah,” beber Hasan yang juga mekanik Jakarta X-Treme.

Tambahan lagi desain lubang busi di kepala silinder ada got. Plus celah antara kepala busi sama lubang. Air merembes dari situ. Air ngendap. Api busi enggak bisa besar waktu dislah. Makanya susah nyala.

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Hasan ngasih saran bisa aja per 8.000 km lubang busi dicek dan dibersihkan. Tapi, antisipasi dini bisa kok dilakoni. Tutup got lubang busi dengan isolasi (gbr. 2). Termasuk juga kepala busi (gbr. 3).

Reporter : Niko Fiandri
Fotografer : Endro Suryono

 LATEST ARTICLE

[Tips] - 28 Sep 2011 05:12:08
8 Trik 'Touring' Aman dan Nyaman
[Tips] - 07 Jun 2011 03:29:48
Karat di Motor Kesayangan? Bukan Masalah!
[Tips] - 18 Mar 2011 09:12:50
Atasi Mesin Overheat Dengan Satu Sendok Teh Oli
[Tips] - 16 Feb 2011 03:01:31
Tips dan Trik Membeli Motor Bekas
[Info] - 18 Jan 2011 03:59:34
Karat Bikin Baut Susah Dilepas
[Info] - 18 Jan 2011 03:57:56
Periksa Accu dan Kiprok
[Tips] - 18 Jan 2011 03:53:50
Jangan Sepelekan Ban Motor Anda
[Tips] - 18 Jan 2011 03:52:01
Maksimalkan Kinerja Per Kopling Satria F-150
[Tips] - 18 Jan 2011 03:49:59
Tutup Tangki Bisa Jadi Sumber Masalah
[Info] - 09 Apr 2010 03:34:56
Semakin Cepat Anda Pergi Semakin Sedikit Anda Melihat
[Tips] - 19 Jan 2010 08:21:48
Daya Lampu Besar Belum Tentu Terang
[Tips] - 19 Jan 2010 08:15:05
Jarak Main Lampu Rem
[Tips] - 18 Jan 2010 13:21:46
Kapasitor Bank Bikin Aki Ogah Tekor
[Tips] - 11 Dec 2009 15:32:39
Soket Sekering Keramik Bebas Korslet
[Tips] - 04 Dec 2009 19:46:17
Noken As Suzuki Spin 125 Harian atau Balap
[Tips] - 13 Mar 2008 07:29:40
Seting Ulang Gigi Rasio Hubungan Pelek dan Rasio
[Tips] - 13 Mar 2008 07:20:20
Penggantian Karburator Kaya Salah Miskin Apalagi
[Tips] - 22 Jan 2008 06:50:56
Perawatan Hujan dan Air Pasang Jurus Melawan Karat
[Info] - 22 Jan 2008 06:44:43
Utilitas Knalpot Sehat dan Nggak Kempot
[Info] - 22 Jan 2008 06:31:16
Tes Pembersih Mesin, Mesti Sering Disemprot
[Tips] - 22 Jan 2008 06:19:47
Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
[Tips] - 07 Dec 2007 09:40:07
Suzuki Thunder 125 Praktis Ganti Oli Sok
[Info] - 07 Dec 2007 09:31:07
Cup Busi Tembaga Lebih Baik
[Info] - 07 Dec 2007 09:19:46
Real LED atau LED-look
[Info] - 04 Dec 2007 10:30:49
Jari-jari Jangan Asal Setel
[Info] - 04 Dec 2007 10:23:21
Salah Kaprah Toolkit
[Tips] - 04 Dec 2007 10:17:33
Suzuki Spin 125 Ngegas Sendiri
[Tips] - 04 Dec 2007 10:12:49
Atasi Roda Speleng
[Tips] - 04 Dec 2007 10:02:00
Tutup Tangki Satria F-150 Stop and Go Karena Melar
[Tips] - 03 Dec 2007 09:08:11
Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
[Tips] - 19 Nov 2007 10:17:28
Filter Oli Suzuki Shogun FL125 Awas Salah Masuk!
[Tips] - 19 Nov 2007 10:00:25
Skubek, Tromol dan As Roda Macet
[Tips] - 19 Nov 2007 09:54:05
Suzuki Satria F-150, Jurus Gampang Setel Tensioner
[Tips] - 19 Nov 2007 09:39:19
Suzuki Spin 125, Perkecil Getaran Knalpot
[Tips] - 19 Nov 2007 09:31:21
Suzuki Satria F-150, Slang Sobek Susah Langsam