[Sejarah] [Tujuan] [Struktur Organisasi]
 
 

KALENDER S2W

M S S R K J S
24 25 26 27 28 29 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
 
ATRIBUT S2W

 

KONSULTASI

MODIFIKASI

PERFORMANCE

TROUBLESHOOTING

AKSESORIS

SUKU CADANG

REVIEW

 
RAMBU-RAMBU
 
MOTOR S2W
 
DOWNLOAD
 
SPARE PART
 
SPONSOR
 

 
 
MAILING LIST

SUZUKI-2WHEELS

 

S2W ON TV

Motomania ANTV

Tour D'Lampung ANTV

SOTR TRANS 7

 

SITE LINK

MOTOR PLUS

OTOMOTIF

OTOTREND

AUTOCLUB

SAFT7

OTOMOTIX

OTOGENIK

 

BROTHER LINK

 

WEB STATISTIK S2W

 
 
 

KALENDER S2W

M S S R K J S
24 25 26 27 28 29 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
 
ATRIBUT S2W

 

KONSULTASI

MODIFIKASI

PERFORMANCE

TROUBLESHOOTING

AKSESORIS

SUKU CADANG

REVIEW

 
RAMBU-RAMBU
 
MOTOR S2W
 
DOWNLOAD
 
SPARE PART
 
SPONSOR
 

 
 
MAILING LIST

SUZUKI-2WHEELS

 

S2W ON TV

Motomania ANTV

Tour D'Lampung ANTV

SOTR TRANS 7

 

SITE LINK

MOTOR PLUS

OTOMOTIF

OTOTREND

AUTOCLUB

SAFT7

OTOMOTIX

OTOGENIK

 

BROTHER LINK

 

WEB STATISTIK S2W

 
 
ARTIKEL S2W

Perawatan Karburator Vakum Gangguan Akibat Salah Asuh
Article Date:
Source: Motor Plus Online

Karburator vakum alias CV (Constant Velocity) jadi standar di motor terkini. Silakan absen dari Yamaha Mio, Honda Vario, Kawasaki Kaze ZX130 hingga Suzuki Satria F-150. Pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar plus buka-tutup gas yang halus.

Tapi, kinerja pengabut bensin tipe vakum bisa terganggu kalau salah asuh. Apa sih panduannya? “Tidak disarankan buka boks filter. Memang awalnya tarikan terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan skep,” buka Iwan Setiawan, punggawa GMC di Jl. Pendidikan, No. 30, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Skep di karbu CV beda karena bahan dari resin dilapis teflon (gbr. 1). Bandingkan dengan skep yang umum dengan bahan logam berlapis krom. Gara-gara kena debu, skep jadi macet dan kelamaan lapisan teflon tergores, hasilnya langsam tak stabil alias naik-turun.

Photobucket - Video and Image Hosting

Bagian lain yang tak kalah sensitif adalah karet vakum (gbr. 2). Posisinya ada di atas karbu dan ditutup lempengan besi. “Saat servis nggak perlu dibuka karena kalau sampai salah rakit atau karet terjepit hingga rawan kebocoran. Akibatnya putaran mesin ngaco,” lanjut Iwan.

Photobucket - Video and Image Hosting

Karet vakum juga nggak boleh kena bensin. Bisa melar atau paling parah tidak bisa digunakan lagi. Mana harganya mahal lagi. Untuk itu kudu hati-hati.

Termasuk urusan trik oprek karbu dengan reamer atau memperbesar diameter venturi. Ini juga haram dilakukan di karbu vakum kalau nggak mau risiko skep oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup.

Karburator CV bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi slang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup.

“Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold yang tak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik (gbr. 3),” kata penyuka motor Honda ini. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum melorot. Jadi, rawatlah!

Photobucket - Video and Image Hosting

 LATEST ARTICLE

[Info] - 19 Dec 2014 04:37:15
Aman Enggak Ban Tipe Tube Jadi Tubeless?
[Info] - 19 Dec 2014 04:34:20
Pakai Ban Balap Aman Gak Sih
[Modif] - 19 Dec 2014 04:27:27
Suzuki GT Jogja Dimodif Cafe Racer
[Info] - 19 Dec 2014 04:24:26
Saling Tukar Pelek Palang
[Tips] - 18 Dec 2014 09:43:50
Cek Kondisi Rantai Setelah Turing
[Tips] - 07 Jun 2011 03:29:48
Karat di Motor Kesayangan? Bukan Masalah!
[Tips] - 18 Mar 2011 09:12:50
Atasi Mesin Overheat Dengan Satu Sendok Teh Oli
[Tips] - 16 Feb 2011 03:01:31
Tips dan Trik Membeli Motor Bekas
[Info] - 18 Jan 2011 03:59:34
Karat Bikin Baut Susah Dilepas
[Info] - 18 Jan 2011 03:57:56
Periksa Accu dan Kiprok
 
LOKASI KOPDAR
S2W Jakarta
S2W Bogor 
S2W Banten BSD
S2W Banten Citra
 
 
 
POLLING
 

:: Copyright ©2003 SUZUKI-2WHEELS Team
 

Host : 107.20.59.213 Port : 
Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)