Home Sejarah Pengurus Syarat Anggota Berita Artikel Galeri Video Sertifikat Kontak Peta Chat

ARTIKEL S2W

 

Perawatan Karburator Vakum Gangguan Akibat Salah Asuh
Article Date:
Source: Motor Plus Online

Karburator vakum alias CV (Constant Velocity) jadi standar di motor terkini. Silakan absen dari Yamaha Mio, Honda Vario, Kawasaki Kaze ZX130 hingga Suzuki Satria F-150. Pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar plus buka-tutup gas yang halus.

Tapi, kinerja pengabut bensin tipe vakum bisa terganggu kalau salah asuh. Apa sih panduannya? “Tidak disarankan buka boks filter. Memang awalnya tarikan terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan skep,” buka Iwan Setiawan, punggawa GMC di Jl. Pendidikan, No. 30, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Skep di karbu CV beda karena bahan dari resin dilapis teflon (gbr. 1). Bandingkan dengan skep yang umum dengan bahan logam berlapis krom. Gara-gara kena debu, skep jadi macet dan kelamaan lapisan teflon tergores, hasilnya langsam tak stabil alias naik-turun.

Photobucket - Video and Image Hosting

Bagian lain yang tak kalah sensitif adalah karet vakum (gbr. 2). Posisinya ada di atas karbu dan ditutup lempengan besi. “Saat servis nggak perlu dibuka karena kalau sampai salah rakit atau karet terjepit hingga rawan kebocoran. Akibatnya putaran mesin ngaco,” lanjut Iwan.

Photobucket - Video and Image Hosting

Karet vakum juga nggak boleh kena bensin. Bisa melar atau paling parah tidak bisa digunakan lagi. Mana harganya mahal lagi. Untuk itu kudu hati-hati.

Termasuk urusan trik oprek karbu dengan reamer atau memperbesar diameter venturi. Ini juga haram dilakukan di karbu vakum kalau nggak mau risiko skep oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup.

Karburator CV bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi slang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup.

“Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold yang tak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik (gbr. 3),” kata penyuka motor Honda ini. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum melorot. Jadi, rawatlah!

Photobucket - Video and Image Hosting

 LATEST ARTICLE

[Tips] - 28 Sep 2011 05:12:08
8 Trik 'Touring' Aman dan Nyaman
[Tips] - 07 Jun 2011 03:29:48
Karat di Motor Kesayangan? Bukan Masalah!
[Tips] - 18 Mar 2011 09:12:50
Atasi Mesin Overheat Dengan Satu Sendok Teh Oli
[Tips] - 16 Feb 2011 03:01:31
Tips dan Trik Membeli Motor Bekas
[Info] - 18 Jan 2011 03:59:34
Karat Bikin Baut Susah Dilepas
[Info] - 18 Jan 2011 03:57:56
Periksa Accu dan Kiprok
[Tips] - 18 Jan 2011 03:53:50
Jangan Sepelekan Ban Motor Anda
[Tips] - 18 Jan 2011 03:52:01
Maksimalkan Kinerja Per Kopling Satria F-150
[Tips] - 18 Jan 2011 03:49:59
Tutup Tangki Bisa Jadi Sumber Masalah
[Info] - 09 Apr 2010 03:34:56
Semakin Cepat Anda Pergi Semakin Sedikit Anda Melihat
[Tips] - 19 Jan 2010 08:21:48
Daya Lampu Besar Belum Tentu Terang
[Tips] - 19 Jan 2010 08:15:05
Jarak Main Lampu Rem
[Tips] - 18 Jan 2010 13:21:46
Kapasitor Bank Bikin Aki Ogah Tekor
[Tips] - 11 Dec 2009 15:32:39
Soket Sekering Keramik Bebas Korslet
[Tips] - 04 Dec 2009 19:46:17
Noken As Suzuki Spin 125 Harian atau Balap
[Tips] - 13 Mar 2008 07:29:40
Seting Ulang Gigi Rasio Hubungan Pelek dan Rasio
[Tips] - 13 Mar 2008 07:20:20
Penggantian Karburator Kaya Salah Miskin Apalagi
[Tips] - 22 Jan 2008 06:50:56
Perawatan Hujan dan Air Pasang Jurus Melawan Karat
[Info] - 22 Jan 2008 06:44:43
Utilitas Knalpot Sehat dan Nggak Kempot
[Info] - 22 Jan 2008 06:31:16
Tes Pembersih Mesin, Mesti Sering Disemprot
[Tips] - 22 Jan 2008 06:19:47
Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
[Tips] - 07 Dec 2007 09:40:07
Suzuki Thunder 125 Praktis Ganti Oli Sok
[Info] - 07 Dec 2007 09:31:07
Cup Busi Tembaga Lebih Baik
[Info] - 07 Dec 2007 09:19:46
Real LED atau LED-look
[Info] - 04 Dec 2007 10:30:49
Jari-jari Jangan Asal Setel
[Info] - 04 Dec 2007 10:23:21
Salah Kaprah Toolkit
[Tips] - 04 Dec 2007 10:17:33
Suzuki Spin 125 Ngegas Sendiri
[Tips] - 04 Dec 2007 10:12:49
Atasi Roda Speleng
[Tips] - 04 Dec 2007 10:02:00
Tutup Tangki Satria F-150 Stop and Go Karena Melar
[Tips] - 03 Dec 2007 09:08:11
Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
[Tips] - 19 Nov 2007 10:17:28
Filter Oli Suzuki Shogun FL125 Awas Salah Masuk!
[Tips] - 19 Nov 2007 10:00:25
Skubek, Tromol dan As Roda Macet
[Tips] - 19 Nov 2007 09:54:05
Suzuki Satria F-150, Jurus Gampang Setel Tensioner
[Tips] - 19 Nov 2007 09:39:19
Suzuki Spin 125, Perkecil Getaran Knalpot
[Tips] - 19 Nov 2007 09:31:21
Suzuki Satria F-150, Slang Sobek Susah Langsam